Jumat, 21 Maret 2014

Gerai samsat

All about reading, everithing about reading, easy bisnis, free bisnis, semua tentang baca.



MANANJEMEN GERAI/OULET ON LINE SAMSAT
 
Masyarakat yang terus berubah dan berkembang  sudah pasti menuntut lebih banyak kebutuhan baik bagi diri sendiri maupun secara lebih luas masyarakat itu sendiri. Perubahan dan perkembangan tutuntan ini membutuhkan perhatian untuk menunjang percepatan pelayanan masyarakat yang meliputi kebijakan oleh pemerintah ataupun kegiatan-kegiatan yang bertujuan memajukan pelayanan masyarakat itu sendiri.

Tindakan yang lugas dan tegas sangat dibutuhkan untuk mengantipasi persoalan-persoalan perubahan dan perkembangan masyarakat di masa mendatang. Manajemen merupakan pola dasar dalam menilai dan mengaplikasikan tindakan tepat untuk memecahkan persoalan pelayanan publik tersebut.

Salah satu pelayanan publik/masyarakat yang patut di apresiasi adalah manajemen pelayanan on line SAMSAT  yang sudah dibenahi dan memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat. Kalau sebelumnya masyarakat harus antri berjam-jam menunggu proses pelayanan setoran Pajak Kendararaan bermotor setiap tahun harus disetorkan, maka dengan sistim pelayanan samsat on line hanya di butuhkan belasan menit saja. 

Pengalaman kami sebagai warga yang berdomisili di kab. Bandung, meskipun  bersifat pekerjaan tahunan artinya setiap satu tahun baru dilakukan lagi akan tetapi jumlah orang-perorang akan terus melakukan pembayaran sehingga dengan kebijakan manajemen membuat gerai SAMSAT on line ini bisa sangat membantu mobilitas publik untuk mudah mengaksesnya.

Kerjasama Polda Metro Jaya, Dispenda Provinsi, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPKAD), Jasa Raharja dan Bank Pemerintah Daerah merupakan terobosan kebijakan manajemen yang sangat tepat dan memuaskan yang tentunya harus didukung oleh sistem yang tepat dan infrasruktur yang memadai. Tentu ini tidak lepas dari pemikiran dan ide-ide kreatif dan perubahan kearah yang lebih baik, semoga ini bisa diperhankan.
Di Bandung ada beberapa outlet yang keberadaannya belum bersifat permanen artinya lokasi outlet bisa saja dipindahkan sesuai lokasi yang tersedia, saat ini kami ketahui ada beberapa oulet sebagaimana Daftar Oulet berikut.
  1. ITC Kebon Kelapa Jln. Mohammad Toha Bandung 
  2. Bandung Trade Mall (BTM) Jln. Ibrahim Adjie No.47 Kiaracondong Bandung
  3. RM. Suharti Jln. Jatinangor Sumedang
  4. Pasteur Hyper Point (PHP) Giant,  Jln. Dr. Djundjunan 126-128 Kota Bandung
  5. Kopo, Jl. kopo Bandung
Pelayanan yang diberikan meliputi setoran pajak kendaraan bermotor, setoran SWDKLLJ, perpanjangan STNK untuk semua kendaraan bermotor baik roda dua, tiga dan empat dst. kecuali perahu motor (motorboat).

Tahapan Pelayanan Manajemen Outlet OL SAMSAT 
  1. Mengambil nomor antrian yang terdiri 2 ply (2 lembar)
  2.  Mendaftarkan di loket pendaftaran dengan menyerahkan nomor antrian 1 lembar,  KTP (asli) sesuai nama yang tertera di STNK, dokumen STNK, selanjutnya dipersilahkan meninggu di kursi tunggu antrian yang disediakan.
  3. Petugas melakukan proses pembuatan dokumen dan pengecekan pajak progressif bila memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor roda atas nama dan alamat yang sama (kendaraan yang kedua dikenakan biaya pajak progresssif)
  4. Selanjut memenuhi panggilan sesuai nomor antrian untuk setoran sejumlah uang di loket pembayaran sesuai pajak kendaraan bermotor dan menerima kembali KTP dan dokumen yang telah diproses.
  5. Dalam Waktu 15 menit dokumen telah diterima kembali, silahkan rehat sejenak memasukkan kembali dokumen di plastiknya agar aman dan selesai.
Mohon Perhatian :
  • Membawa KTP asli sesuai nama yang tertera di dokumen kendaraan bermotor (tidak perlu di foto copy dan menyediakan map)
  • Uang tunai secukupnya
  • Tidak menunggak lebih dari setahun (jangan sampai terjadi, karena fasilitas outlet dapat dengan mudah di akses dan tidak pakai lama-hanya beberapa menit saja).
  • Jika menunggak lebih dari 1 tahun tidak dapat dilayani, pelayanan di lakukan oleh SAMSAT wilayah masing-masing.
  • Pelayanan Pengantian STNK pada tahun ke lima harus dilakukan pada pelayanan SAMSAT wilayah masing-masing.

PAJAK PROGRESSIF

Pajak Progressif adalah pajak yang diterapkan bagi kendaraan pribadi baik roda dua dan roda empat dengan nama pemilik dan alamat tempat tinggal yang sama. Jika nama pemilik dan alamat berbeda, maka tidak dikenakan pajak  progressif termasuk kendaraan dinas dan angkutan umum tidak kena pajak progressif (Situs FB Divisi Humas Mabes Polri tanggal 3 Maret 2013) 

Sehingga sangat disarankan melakukan pemblokiran dokumen bagi pemilik lama dan balik nama bagi pemilik yang pembeli kendaraan dari tangan pemilik sebelumnya. Pemblokiran dapat dilakukan di SAMSAT wilayah masing dengan mengisi form yang telah disediakan dengan materai 6000.

Rincian Tarif Pajak Progressif (Situs FB Divisi Humas Mabes Polri tanggal 3 Maret 2013) sebagai berikut :
1.    Kendaraan pertama 1,5 % (1,5 x NJKB)
2.     Kendaraan pertama 2 % (2 x NJKB)
3.    Kendaraan pertama 2,5 % (2,5 x NJKB)
4.    Kendaraan pertama 4 % (4 x NJKB)

Informasi selengkapnya dapat menghubungi Kantor Palayanan SAMSAT wilayah masing-masing.



Lokasi Samsat Drive Tru Wilayah DKI Jakarta, untuk perpanjangan STNK sebagai berikut (5 tahun) :

  1. Jakarta Selatan, Jl. Sudrman No. 55
  2. Jakarta Timur, Jl. DI. Pamjaitan, Kebon Nanas
  3. Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, Jl. Gunung Sahari (dpn WTC Mangga Dua)
  4. Jakarta Barat, Jl. Daan Mogot KM. 14

Daftar Gerai SAMSAT Outlet yang tersedia, sebagai berikut :
  1. Mall Artha Gading, Lt. 1 B5/15 (Jl. Artha Gading Selatan No. 1), Jakarta, Jakarta 
  2. Gandaria City Jl. Sultan Iskandar Muda (Arteri Pondok Indah), Jakarta Selatan
  3. Mall Taman Palm Jl. Kamal Raya Outer Ring Road Cengkareng, Jakarta Barat, Telp 021-5435181 (Gerai SIM)
  4. PGC (Pusat Grosir Cililitan) Jl. Mayjen Soetoyo No. 76 Cililitan Jakarta Timur Telp 021-30019792 
  5. Blok M Square, Jakarta Selatan
  6. Tamrin City, Jakarta Pusat
  7. Tamini Square Lt.2, Jakarta Timur 
  8. City Mall, Cikokol, Tangerang Selatan
  9. Bintaro Plaza, Tangerang Selatan
  10. Depok Town Square Jln. Margonda Raya No.1 Pondok Cina Beji Depok 
  11. Bojong Sari, Depok
  12. ITC Cibinong Jln. Mayor Oking No.11 Cibinong
  13. Bogor Trade Mall Jln. Ir.H. Juanda No.68 Bogor
  14. Plaza Pondok Gede Plaza Pondok Gede Bekasi
  15. Plaza Metropolitan Jln. Raya Imam Bonjol No.1 Tambun Kab. Bekasi 
  16. Harapan Indah, Area sport Center, Bekasi
  17. Mall Cikampek Jln. Ahmad Yani No.76 Cikampek - Karawang
  18. Grage Mall Jln. Tentara Pelajar No.1 Cirebon Jawa Barat
  19. Mall Ramayana, Serang, Banten Tlp. 0254 8241394
  20. Pontang, Serang, Banten
  21. Nusa Dua, Bali
  22. Corner Carrefour, Bali 
  23. Mall Trans Studio Makassar (TSM), Makassar, Sulawesi Selatan
  24. Sayang, Tanatoraja Utara, sulewesi Selatan
  25. Balai Berkuak, Kalimantan Barat
  26. WTC Mall, Jambi
  27. Mall Jamtos, Jambi
Waktu Pelayanan Samsat Outlet :
Setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB


Prosedur yang berbelit tidak lagi menjadi warna manajemen dan tidak perlu khawatir dengan membayangkan kondisi yang sulit seperti : antrian panjang, biaya mahal, bujuk rayu calo yg berseliweran,  bahkan sebaliknya custumer akan menemukan para petugas yang anggun menyapa ramah dan murah senyum.

Semoga bermanfaat. Wassalam
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar