MANANJEMEN GERAI/OULET
ON LINE SAMSAT
Masyarakat
yang terus berubah dan berkembang sudah
pasti menuntut lebih banyak kebutuhan baik bagi diri sendiri maupun secara
lebih luas masyarakat itu sendiri. Perubahan dan perkembangan tutuntan ini
membutuhkan perhatian untuk menunjang percepatan pelayanan masyarakat yang
meliputi kebijakan oleh pemerintah ataupun kegiatan-kegiatan yang bertujuan
memajukan pelayanan masyarakat itu sendiri.
Tindakan yang
lugas dan tegas sangat dibutuhkan untuk mengantipasi persoalan-persoalan
perubahan dan perkembangan masyarakat di masa mendatang. Manajemen merupakan
pola dasar dalam menilai dan mengaplikasikan tindakan tepat untuk memecahkan
persoalan pelayanan publik tersebut.
Salah satu
pelayanan publik/masyarakat yang patut di apresiasi adalah manajemen pelayanan
on line SAMSAT yang sudah dibenahi dan
memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat. Kalau sebelumnya masyarakat
harus antri berjam-jam menunggu proses pelayanan setoran Pajak Kendararaan
bermotor setiap tahun harus disetorkan, maka dengan sistim pelayanan samsat on
line hanya di butuhkan belasan menit saja.
Pengalaman
kami sebagai warga yang berdomisili di kab. Bandung, meskipun bersifat pekerjaan
tahunan artinya setiap satu tahun baru dilakukan lagi akan tetapi jumlah
orang-perorang akan terus melakukan pembayaran sehingga dengan kebijakan
manajemen membuat gerai SAMSAT on line ini bisa sangat membantu mobilitas publik untuk mudah mengaksesnya.
Kerjasama Polda
Metro Jaya, Dispenda Provinsi, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah
(DPKAD), Jasa Raharja dan Bank Pemerintah Daerah merupakan terobosan kebijakan manajemen yang sangat tepat
dan memuaskan yang tentunya harus didukung oleh sistem yang tepat dan
infrasruktur yang memadai. Tentu ini tidak lepas dari pemikiran dan ide-ide kreatif
dan perubahan kearah yang lebih baik, semoga ini bisa diperhankan.
Di Bandung ada
beberapa outlet yang keberadaannya belum bersifat permanen artinya lokasi
outlet bisa saja dipindahkan sesuai lokasi yang tersedia, saat ini kami ketahui ada beberapa oulet sebagaimana Daftar Oulet berikut.
- ITC Kebon Kelapa Jln. Mohammad Toha Bandung
- Bandung Trade Mall (BTM) Jln. Ibrahim Adjie No.47 Kiaracondong Bandung
- RM. Suharti Jln. Jatinangor Sumedang
- Pasteur Hyper Point (PHP) Giant, Jln. Dr. Djundjunan 126-128 Kota Bandung
- Kopo, Jl. kopo Bandung
Pelayanan yang diberikan meliputi setoran pajak kendaraan
bermotor, setoran SWDKLLJ, perpanjangan STNK untuk semua kendaraan bermotor baik
roda dua, tiga dan empat dst. kecuali perahu motor (motorboat).
Tahapan Pelayanan Manajemen Outlet OL SAMSAT
- Mengambil nomor antrian yang terdiri 2 ply (2 lembar)
- Mendaftarkan di loket pendaftaran dengan menyerahkan nomor antrian 1 lembar, KTP (asli) sesuai nama yang tertera di STNK, dokumen STNK, selanjutnya dipersilahkan meninggu di kursi tunggu antrian yang disediakan.
- Petugas melakukan proses pembuatan dokumen dan pengecekan pajak progressif bila memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor roda atas nama dan alamat yang sama (kendaraan yang kedua dikenakan biaya pajak progresssif)
- Selanjut memenuhi panggilan sesuai nomor antrian untuk setoran sejumlah uang di loket pembayaran sesuai pajak kendaraan bermotor dan menerima kembali KTP dan dokumen yang telah diproses.
- Dalam Waktu 15 menit dokumen telah diterima kembali, silahkan rehat sejenak memasukkan kembali dokumen di plastiknya agar aman dan selesai.
Mohon Perhatian :
- Membawa KTP asli sesuai nama yang tertera di dokumen kendaraan bermotor (tidak perlu di foto copy dan menyediakan map)
- Uang tunai secukupnya
- Tidak menunggak lebih dari setahun (jangan sampai terjadi, karena fasilitas outlet dapat dengan mudah di akses dan tidak pakai lama-hanya beberapa menit saja).
- Jika menunggak lebih dari 1 tahun tidak dapat dilayani, pelayanan di lakukan oleh SAMSAT wilayah masing-masing.
- Pelayanan Pengantian STNK pada tahun ke lima harus dilakukan pada pelayanan SAMSAT wilayah masing-masing.
PAJAK PROGRESSIF
Sehingga sangat disarankan melakukan pemblokiran dokumen bagi pemilik lama dan balik nama bagi pemilik yang pembeli kendaraan dari tangan pemilik sebelumnya. Pemblokiran dapat dilakukan di SAMSAT wilayah masing dengan mengisi form yang telah disediakan dengan materai 6000.
Rincian Tarif Pajak Progressif (Situs FB Divisi Humas Mabes Polri tanggal 3 Maret 2013) sebagai berikut :
1.
Kendaraan
pertama 1,5 % (1,5 x NJKB)
2.
Kendaraan pertama 2 % (2 x NJKB)
3.
Kendaraan
pertama 2,5 % (2,5 x NJKB)
4.
Kendaraan
pertama 4 % (4 x NJKB)
Informasi selengkapnya dapat menghubungi Kantor Palayanan
SAMSAT wilayah masing-masing.
Lokasi Samsat
Drive Tru Wilayah DKI Jakarta, untuk perpanjangan STNK sebagai berikut (5 tahun) :
- Jakarta Selatan, Jl. Sudrman No. 55
- Jakarta Timur, Jl. DI. Pamjaitan, Kebon Nanas
- Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, Jl. Gunung Sahari (dpn WTC Mangga Dua)
- Jakarta Barat, Jl. Daan Mogot KM. 14
Daftar Gerai SAMSAT Outlet yang tersedia, sebagai berikut :
- Mall Artha Gading, Lt. 1 B5/15 (Jl. Artha Gading Selatan No. 1), Jakarta, Jakarta
- Gandaria City Jl. Sultan Iskandar Muda (Arteri Pondok Indah), Jakarta Selatan
- Mall Taman Palm Jl. Kamal Raya Outer Ring Road Cengkareng, Jakarta Barat, Telp 021-5435181 (Gerai SIM)
- PGC (Pusat Grosir Cililitan) Jl. Mayjen Soetoyo No. 76 Cililitan Jakarta Timur Telp 021-30019792
- Blok M Square, Jakarta Selatan
- Tamrin City, Jakarta Pusat
- Tamini Square Lt.2, Jakarta Timur
- City Mall, Cikokol, Tangerang Selatan
- Bintaro Plaza, Tangerang Selatan
- Depok Town Square Jln. Margonda Raya No.1 Pondok Cina Beji Depok
- Bojong Sari, Depok
- ITC Cibinong Jln. Mayor Oking No.11 Cibinong
- Bogor Trade Mall Jln. Ir.H. Juanda No.68 Bogor
- Plaza Pondok Gede Plaza Pondok Gede Bekasi
- Plaza Metropolitan Jln. Raya Imam Bonjol No.1 Tambun Kab. Bekasi
- Harapan Indah, Area sport Center, Bekasi
- Mall Cikampek Jln. Ahmad Yani No.76 Cikampek - Karawang
- Grage Mall Jln. Tentara Pelajar No.1 Cirebon Jawa Barat
- Mall Ramayana, Serang, Banten Tlp. 0254 8241394
- Pontang, Serang, Banten
- Nusa Dua, Bali
- Corner Carrefour, Bali
- Mall Trans Studio Makassar (TSM), Makassar, Sulawesi Selatan
- Sayang, Tanatoraja Utara, sulewesi Selatan
- Balai Berkuak, Kalimantan Barat
- WTC Mall, Jambi
- Mall Jamtos, Jambi
Waktu Pelayanan Samsat Outlet :
Setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB
Prosedur yang berbelit tidak lagi menjadi warna manajemen dan tidak perlu khawatir dengan membayangkan kondisi yang sulit seperti : antrian panjang, biaya mahal, bujuk rayu calo yg berseliweran, bahkan sebaliknya custumer akan menemukan para petugas yang anggun menyapa ramah dan murah senyum.
Setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB
Prosedur yang berbelit tidak lagi menjadi warna manajemen dan tidak perlu khawatir dengan membayangkan kondisi yang sulit seperti : antrian panjang, biaya mahal, bujuk rayu calo yg berseliweran, bahkan sebaliknya custumer akan menemukan para petugas yang anggun menyapa ramah dan murah senyum.
Semoga bermanfaat. Wassalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar